Lagu ISABELLA : Cerita kepedihan Umat Islam Andalusia

Sejak beberapa hari yang lalu, televisi kita banyak memutar kembali Isabellalagu lawas yang berjudul Isabella, lagu impor dari Malaysia tersebut pada sekitar awal tahun 90an yang lalu memang pernah meledak di pasaran Indonesia, lagu yang dahulu dipopulerkan oleh group band Search tersebut kini bahkan di repackaged (didaur ulang kembali) oleh Band ST12, seolah memanfaatkan momen demam musik melayu yang melanda negeri ini sekarang, ST 12 tampaknya ingin mengulang sukses pendahulunya, group band Search ketika membawakan lagu ini, dan tanda-tanda ledakan kedua lagu Isabella ini sudah tampak, salah satu sinetron di RCTI yang berjudul sama (Isabella) juga siap mengusung lagu ini sebagai soundtracknya.

Tapi tahukah kawan, lagu ini sebenarnya tidak lebih dari prasasti kepiluan Umat Islam Andalusia (Spanyol), setiap alunan lagu ini adalah seperti membuka kembali kepedihan yang pernah dialami umat Islam di wilayah Granada (Spanyol bagian Selatan) di akhir abad 15 tersebut, mendengar lagu ini adalah seperti memaksa kita untuk mengingat-ingat terus akan penderitaan Umat Islam Andalusia pada waktu itu, lirik lagu ini seakan ingin mengabadikan ‘kemenangan besar’ kaum Katholik atas kaum Muslimin disana, judul lagu ini bahkan seperti sedang menyanjung sang aktor intelektual dibalik peristiwa bengis yang dialami umat Islam waktu itu, yaitu Ratu Isabella.

Sejarah mencatat, pemusnahan etnis dan agama pertama dan terbesar di Eropa terjadi ketika Isabella I (Ratu Castile) dan suaminya, Ferdinand V (Raja Aragon) berhasil menggulingkan pemerintahan Sultan Muhammad XII (Kesultanan Islam terakhir di Granada) pada 2 Januari 1492 M., sejak saat itu, runtuhlah kejayaan Islam di Andalusia setelah bertahan selama lebih dari 8 abad, dan dimulailah abad kegelapan bagi Umat Islam Andalusia.

Dibawah kendali Isabella dan suaminya (Ferdinand) umat Islam Granada diberikan 3 pilihan yang sulit, pertama- masuk agama mereka (Katholik), kedua- Keluar dari Tanah Air (Andalusia), Ketiga- kalau tidak mau keduanya (masuk katholik dan keluar Andalusia) akan dibunuh dengan cara dibakar, beberapa diantara kaum Muslimin, demi kelangsungan hidupnya lebih memilih opsi pertama (masuk Katholik), akan tetapi paling banyak adalah yang mempertahankan keislamannya, meskipun harus terusir dari tanah airnya, meskipun harus mati terpanggang, akibatnya bisa ditebak, ribuan Muslim meninggal baik karena dibakar maupun karena kelaparan didalam perjalanan keluar dari tanah airnya, dan ratusan ribu yang lainnya terusir dan kemudian tinggal disekitar pantai Utara Maroko dan Tunisia (Afrika Utara) dan sebagian wilayah Turki.

Tidak itu saja, semua masjid di Granada kemudia dialih fungsikan menjadi gereja katholik, termasuk Masjid Kordoba yang megah itu, yang sejak saat itu berubah menjadi Gereja Santa Maria de la Sed, perpustakaan-perpustakaan Islam dikeluarkan isinya, kemudian ratusan ribu buku-bukunya dibakar habis, maka peradaban Islampun hilang dari bumi Andalusia (Spanyol) hingga saat ini, yang tersisa hanya cerita-cerita tentang kejayaan Islam zaman dahulu melalui peninggalan-peninggalan yang masih ada seperti istana Al-Hambra dan masjid Kordoba yang tersohor seantero dunia tersebut.

Perhatikan dengan seksama reffrent lagu Isabella tersebut :

Reff:
Dia isabella, lambang cinta dan prahara
Terpisah karena adat yang berbeda
Cinta gugur bersama daun-daun kekeringan

Lambang Kekuatan Cinta Isabella dan Ferdinand yang mempersatukan dua kerajaan Katholik besar (Castile dan Aragon), yang akhirnya bisa menggulingka pemerintahan Islam Granada yang sudah bertahan 8 abad lebih, namun darinya kemudian menimbulkan prahara kemanusiaan yang hebat bagi kaum Muslimin Granada.

Kaum Muslimin Granada harus berpisah dengan Tanah airnya hanya karena agama yang berbeda dengan penguasa baru Granada (Isabella dan Ferdinand).

Cinta mereka (Isabella dan Ferdinand) jatuh bersama kaum Muslimin yang mati kelaparan karena terusir dari Tanah Airnya maupun karena mati terbakar laksana daun-daun kekeringan.

Jadi masihkah kita ingin mendengar lagu tersebut, akankah kita biarkan anak-anak kita menyanyikan lagu kemenangan Isabella atas penderitaan kaum muslimin Granada tersebut, jawaban selanjutnya ada pada anda sendiri??

About kaifa10

Nothing Special about me

Posted on 17 Juli 2009, in Islam, Opiniku. Bookmark the permalink. 24 Komentar.

  1. Aku tidak akan pernah menyanyikan lagu itu lagi semenjak 15 tahun yang lalu aku tahu sejarahnya..Sungguh kenangan yang sangat memilukan bagi ummat islam khususnya dan bagi setiap nurani yang masih peduli dengan prikemanusiaan.

  2. nisfu asrul sani

    tolong dong sumber valid, yg mnyatakan bahwa lagu itu ttg “Cerita kepedihan Umat Islam Andalusia”

    soni_fml@yahoo.co.uk

  3. terlalu mekso….gak ada hubungannya dg lagu
    yg punya nama isabella di dunia ini banyak
    ada yg baik d ada yg jahat
    jd yang kontekstual donk mas!!!

  4. Bedanya ratu isabella ama isabella novel true story ini apa yah?
    http://www.cordova-bookstore.com/navila/isabella.htm
    kok itu putri pendeta cordova, Andalusia yang masuk islam.
    tpi Ratu Isabella yang nikah ama Ferdinand dan menang atas spanyol,benerygmana?

  5. bener mas…kalo lagu itu dinyanyikan pasti mengingatkan sejarah itu…walaupun mungkin penciptanya gak mikir sampai kesitu..tapi kalau pendengarnya punya rasa..akan trenyuh juga..
    mendingan gak usah di nyanyikan…

  6. nisfu asrul sani : sumber yang valid itu menurut anda yang kayak gimana??

  7. mbah surip : Oke, sekarang saya tanya apabila nama seorang yang anda benci dijadikan judul sebuah lagu, misalnya : Nurdin M.Top (gembong Teroris), apakah anda akan tetap memuja2 nama itu dengan menyanyikan lagu tersebut?? Tapi saya tahu anda pasti akan tetap menyanyikannya, karena anda memiliki argumen nama Nurdin M.Top itu banyak didunia ini, tidak apa2 itu hak anda kok, tapi maaf saja kalau saya, jangankan menyanyikannya lagu itu mendengarnya lagunya saja saya muntah… hehe

  8. saya ingin tau kebenaran/bukti bahwa lagu itu ada hubungannya dengan ratu isabela

  9. Sebenarnya masalah ini sudah pernah jadi opini pada waktu pertama kali lagu isabela dipopulerkan oleh group band Search pada waktu itu. Barangkali untuk mengingatkan kembali agar umat islam tidak lupa akan suatu tragedi sejarah.

  10. Nisfu AS: Silahkan baca kembali tulisan saya diatas, cermati bait lagunya, dan pelajari sejarah Ratu Isabella, kalau anda memiliki rasa yang peka, pasti anda bisa menjawab sendiri pertanyaan anda

  11. maaf saya memang ndak peka, bisa dibilang ndak puitis dan sistematis, jadi kurang bisa memahami hal2 yg tersirat

    nah tuh bu evi ada opini lain lagi, yg bener yang mana ini ? (bener g saya manggil ibu)

    “Reff:
    Dia isabella, lambang cinta dan prahara”
    bukane
    Dia isabella, lambang cinta yang lara”

    berarti diganti
    “Lambang Kekuatan Cinta Isabella dan Ferdinand yang mempersatukan dua kerajaan Katholik besar (Castile dan Aragon), yang akhirnya bisa menggulingka pemerintahan Islam Granada yang sudah bertahan 8 abad lebih, namun darinya kemudian menimbulkan LARA kemanusiaan yang hebat bagi kaum Muslimin Granada.”

    kmudian, masih belum menemukan intisarinya, saya mencari fakta ato pendukung yg mnyatakan bahwa
    “….lagu ini sebenarnya tidak lebih dari prasasti kepiluan Umat Islam Andalusia (Spanyol)”

    semua lagu pun bisa saya interpretasikan jadi macem2, seperti komentar mbah_surip

    “Mbah_surip Berkata:
    9 Agustus 2009 pukul 11:11 pm
    terlalu mekso….gak ada hubungannya dg lagu
    yg punya nama isabella di dunia ini banyak
    ada yg baik d ada yg jahat
    jd yang kontekstual donk mas!!!”

  12. hhahaha,,, untung aku jijik lagu isabela..
    ahhhh kayak gag ada lagu laen aja buat di nyanyiin.. huekkkk (jackpot mode on)

  13. Lagu ini terkenal sekitar tahun 90-an. Dicipatakan Oleh Amy “Search” lagu ini menceritakan tentang kisah cinta antara 2 orang indonesia dan malaysia yang harus terpisah karena perbedaan adat. gak ada hubungannya dengan Agama. Bahkan ada filmnya juga dengan judul Isabella. Jadi menurut saya anda terlalu jauh mengkaitkan lagu ini dengan Agama. Dan setau saya Amy “search” seorang muslim juga.

  14. jadi sebenarnya,intinya di interpretasi lirik,atau di kata Isabella-nya sih? memang terkesan mekso..

  15. wakakakaks… ngarangnya hebat bener..

  16. Hahaha… aneh bangsa ini, kalo suatu hal yg booming selalu aja dikaitkan dgn hal ini dan itu.
    Mendingan tak gendong… ke mana2… ayo isabellanya tak gendong… ke mana2…

  17. orang yang peka itu tidak perlu harus kontekstual..melihat/mendengar sesuatu yang menyinggung bisa menjadi pengingat…apa anda mau menamakan anak anda debgan firaun, qorun, namruz…pasti gak kan…karena nama itu mengingatkan dengan manusia2 laknatulloh…begitu juga dgn lagu isabella…

  18. isabella penghancur islam….jadi monggo monggo yng di pihak isabella siap2lah dgn apa yang akan terjadi pada sampean….klo memeng ga” tau jgn lah ikut komentar….dari pada terkena sabdone alam…..

  19. semoga apa yang telah dipaparkan dapat difahami oleh kalangan muslim khusunya… amin

  20. klo menurut aq seh sah2 jaj dikaitkan dengan sejarah tersebut , cos dari cerita yang dan liriknya hampir sama……..emang seh lebih baik ga usah dinyanyiin..mending banyak baca quran kali yah……

  21. agus bin mazduky

    demi Allah dan Rasul Nya yang Mulai, Lagu Isabella bagiku mangingatkan kembali kenangan yang teramat pedih ketika Umat Islam di Andalussia harus dibantai secara keji oleh Ratu Isabela dan suaminya Raja Ferdinand, mereka membunuh Umat Islam dengan cara membakar hidup2 dan penyiksaan lainnya yang tidak bisa di bayangkan oleh manusia yang berakal sehat

  22. Wah mengerikan juga ya…..
    sekarang ini lagu memang telah membuai orang dengan nada yang indah……, tapi pasti semua lagu memiliki arti tersembunyi….., kalau kita fans sama group musik yang menyanyikan lagu tsb, maka kita akan membela group tersebut…. (nah disini letak kelemahan kita nih OI, dihancurin wataknya oleh yang enak2x)….. menyedihkan…….. , and terima ksasih info tentang lagu Isabella.

  23. nisfu asrul sani@
    Lha itu kan lyric lagu dan maknanya udah dijelasin
    Setidaknya itu udah membuktikan
    Ngapain repot cari sumber kan sudah ada bukti didepan mata

  24. bukan.. lagu Isabella bukan mengenai ratu Isabella.. Amy Search si pencipta lagu ini adalah seorang muslim yang baik.. lagu ini berkisah tentang perjuangan Isabella, seorang gadis kristen di Cordova yang masuk Islam.. lihat cerita lengkap Isabella di sini.. http://www.haqislam.org/articles/stories/isabella-a-girl-of-muslim-spain/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: